“idul fitri dan keagungan fitrah”

        Tidak terasa bulan suci Ramadhan berakhir dan Idul Fitri telah tiba. Berbagai perubahan terlihat di mana-mana. Pada hari ini, gema takbir dan tahmid berkumandang di seluruh penjuru negara-negara muslim. Hamba Allah Swt bersyukur telah menjalankan ibadah, dan malaikat pun bertugas memberikan hadiah ilahi kepada orang-orang bertakwa. Rasulullah Saw bersabda, “Ketika malam Idul Fitri tiba, Allah Swt menganugerahkan pahala kepada orang-orang yang berpuasa dan beribadah di bulan suci Ramadhan.”

Setelah hujan rahmat ilahi terus-menerus turun, musim semi terkabulnya doa telah tiba. Ramadhan dengan segala keagungan dan limpahan rahmat, telah berakhir. Kaum muslim menerangi hatinya dengan membaca al-Quran. Di bulan ini mereka lebih dekat dengan Tuhannya. Perayaan hari Idul Fitri lebih khusyuk dengan doa khusus yang diiringi takbir, tahmid dan hamdalah. Hari besar ini merupakan permulaan kembali untuk merevitalisasi diri.

Hari ini adalah hari Idul Fitri. Hari ketulusan doa dan kemenangan diri manusia atas hawa nafsunya. Setelah berpuasa dan beribadah selama sebulan, orang-orang mukmin mencapai cahaya ma’rifah. Kini orang yang beriman bak tunas yang baru keluar dari persemaian selama satu bulan. Pada hari ini, para malaikat memberikan kabar gembira bagi hamba Allah, bahwa Allah telah mengampuni dosa-dosanya.

Saat ini, dunia Islam dipenuhi antusiasme yang membahana. Sejak beberapa hari lalu, jalan-jalan dipenuhi dekorasi dan rumah-rumah bersih. Rumah-rumah itu siap menyambut kedatangan tamu. Anak-anak mengenakan pakaian baru dan orang dewasa merayakan kesuksesannya beribadah selama sebulan dengan mengunjungi kerabat dan handai taulan.

Hari ini adalah hari kemuliaan bagi umat Islam. Muslim di Indonesia, Malaysia, Iran, Suriah dan Lebanon serta bagian lain di belahan dunia, berpartisipasi dalam perayaan meriah dengan saling mengucapkan selamat antara mereka. Setelah shalat Idul Fitri, mereka mengunjungi sanak saudara dan handai taulan serta menghaturkan kue-kue maupun makanan yang mereka masak sendiri, kemudian dilanjutkan dengan berziarah ke pemakaman.

Orang-orang Malaysia dari malam kedua puluh tujuh bulan Ramadhan menyalakan obor dan lampu di depan rumahnya. Jalan-jalan dipenuhi lampu yang menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Di malam Idul Fitri gema takbir bergema di seluruh penjuru Malaysia. Orang-orang bepergian ke berbagai tempat terutama kampung kelahirannya.

Muslim di Indonesia memiliki tradisi mudik. Beberapa hari sebelum Ramadhan, sebagian besar warga Indonesia kembali ke kampung halamannya dan berkumpul bersama orang tua mereka dan kerabatnya.

Di Irak , warga negara ini memperingati Idul Fitri dengan menziarahi makam suci Imam Husein as. Mereka mengenang dedikasi dan pengorbanan Imam Husein as dalam memperjuangkan kebenaran dan menjaga agama Ilahi.

Di tengah suka cita dan kebahagiaan dunia Islam ini, rasa sakit menyeruak dari dalam hati umat Islam. Sebagian umat Islam tidak bisa merayakan hari kemenangan itu. Di hari bahagia ini, saudara-saudara kita di bagian lain dunia tengah menderita. Mereka berada di Palestina, Gaza dan Afghanistan. Di hari Idul Fitri, tangan mereka menengadah memohon kepada Allah supaya negerinya dibebaskan dari cengkeraman para penjajah.

Pada hari Idul Fitri ini, umat Islam menginfakkan hartanya untuk membantu saudara-saudaranya yang dilanda musibah banjir di Pakistan, sehingga kesedihan dan penderitaan mereka berkurang. Terkait hal ini, Imam Ali as berkata, “Karakteristik hamba Allah adalah senantiasa berusaha untuk menghadiahkan ketenangan dan kedamaian bagi orang lain.”

Kami segenap kerabat kerja radio Melayu Suara Republik Islam Iran mengucapkan selama hari raya Idul Fitri kepada anda sekalian.

Umat Islam selain berkumpul dalam momentum tahunan ibadah haji, juga memiliki dua pertemuan besar yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Para pemuka agama menyerukan untuk memeriahkan kedua hari raya ini sebagai kemuliaan dan kehormatan umat Islam. Imam Ali Ridha as berkata, “Hari raya Idul Fitri disebut hari raya karena orang-orang bertemu dan keluar pada hari itu karena Allah Swt dan mereka mensyukuri nikmat yang telah di anugerahkan Allah. Pada hari itu orang mukmin kembali ke fitrahnya, dan mereka menunaikan zakat fitrah….”

Imam Ali as mengibaratkan Idul Fitri dengan hari kebangkitan. Sebagaimana hari kiamat sebagai hari yang menentukan, ketika itu semua orang menanti catatan amal ibadahnya, hari Idul Fitri juga demikian. Imam Ali as menyebut hari Idul Fitri sebagai hari pahala bagi orang-orang yang berbuat baik dan ganjaran bagi orang yang berbuat buruk. Beliau mengibaratkan orang keluar dari rumahnya pada hari itu seperti orang yang keluar dari kuburan. Orang-orang yang kembali ke rumahnya diibaratkan seperti memasuki surga Allah.

Hari Idul Fitri adalah hari mengingat Allah, memuji dan mensyukuri karunia-Nya. Shalat Idul Fitri merupakan acara utama pada hari raya itu. Dengan kata lain, hari raya Idul Fitri adalah hari paling indah dan paling agung.

Keagungan takbir yang berkumandang ketika memasuki tempat shalat mengubah hati dan mewujudkan atmosfir spiritual dan psikiologis dalam diri manusia. Orang-orang yang shalat berdiri dalam barisan yang teratur rapi untuk menghadap Allah Swt.

Shalat idul Fitri didirikan dua rakaat. Pada rakaat pertama, setelah membaca al-Fatihah dan surat al-A’la membaca lima Qunut. Sedangkan rakaat kedua, setelah membaca al-Fatihah dan surat al-Syams membaca empat Qunut.

Doa Qunut dalam shalat Idul Fitri mengandung pesan dan permohonan penting. Dalam doa ini, kita memuji kebesaran dan keagungan Allah Swt. Kita juga memohon ampunan serta rahmat-Nya. Dengan mengirimkan shalawat dan salam kepada Baginda Muhammad Saw dan keluarganya, kita memohon kepada Allah agar mereka menjadi panutan dalam kehidupan kita.

Dalam Qunut kita membaca,
“Ya Allah, Yang Maha Besar dan Maha Agung, Yang Layak memberikan ampunan, Wahai Yang Maha Kuasa dan Maha Memerintah, aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran hari raya mulia umat Islam, semoga keutamaan dan kemuliaan dilimpahkan bagi baginda Muhammad dan keluarganya, masukan kami kepada kebaikan, sebagaimana kebaikan yang dilimpahkan kepada baginda Muhammad dan keluarganya, dan keluarkan kami dari segala keburukan yang telah Engkau jauhi Muhammad dan keluarganya dari keburukan itu. Tuhanku aku memohon kepada-Mu hal terbaik yang didambakan orang-orang baik dari-Mu dan lindungi aku sebagaimana orang-orang baik berlindung pada-Mu.”

Setelah shalat dua rakaat, Imam Jamaah menyampaikan dua khutbah. Dalam khutbah tersebut Imam mengingatkan ketakwaan dan memperhatikan nilai-nilai moralitas. Khutbah shalat Idul Fitri menjelaskan masalah dan tantangan penting dunia Islam, sehingga jamaah mengetahui masalah yang menimpa saudara seagamanya di negara lain, dan meningkatkan solidaritas sesama atas penderitaan mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa program ibadah Islam memiliki dimensi pendidikan dan moralitas. Bersamaan dengan itu, muncul dampak positif politik dan sosialnya. Shalat Idul Fitri memiliki dimensi seperti itu. Yaitu menyebabkan spirit hamba Allah tumbuh berkembang. Selain itu, menumbuhkan rasa tanggungjawab dan solidaritas atas penderitaan yang dialami orang lain.

Ketika shalat selesai, orang-orang yang hatinya dipenuhi kebahagiaan dan harapan ampunan ilahi kembali ke rumahnya masing-masing. Dalam hal ini Rasulullah Saw mengatakan, “Ketika hamba Allah keluar dari masjid setelah menunaikan shalat Idul Fitri, Allah Swt berfirman, “Hamba-Ku, kalian telah berpuasa untuk-Ku dan mendirikan shalat untuk-Ku. Kembalilah kalian ke rumah masing-masing dalam keadaan Aku ampuni dosa-dosa kalian.” 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • berbagi cerita

  • demi masa

    August 2011
    M T W T F S S
    « Jun    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Categories

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 3 other followers

  • %d bloggers like this: